Maxine hadir sebagai bagian dari perjalanan perempuan dalam menjaga dan mencapai kecantikan sekaligus kesehatan kulitnya. Dengan kandungan galactomyces yang sudah teruji, membuat perjalanan cantikmu semakin menenangkan dan menyenangkan. Nikmati petualangan menemukan kecantikan yang sesungguhnya dengan rangkaian perawatan kulit dari MAXINE.

Search
jenis kulit

Kulit Sensitif? Kenali 4 Jenis Kulit Manusia

Kulit pada manusia pada dasarnya memang memiliki karakteristik masing-masing. Sehingga wajar bila ditemukan kulit yang berbeda antara dua orang. Perbedaan karakteristik kulit ini juga membuat seseorang tidak bisa serta-merta menggunakan kosmetik yang sama dengan orang lain. Sebab bisa jadi produk tersebut tidak cocok dengan karakter kulit mereka. Lalu apa saja jenis kulit yang dimiliki oleh manusia? Berikut informasi yang sudah Maxine rangkum.

1. Kulit Normal
Kulit normal merupakan jenis kulit yang ideal dan tidak membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya. Kulit normal biasanya memiliki karakteristik yang lembut, halus, serta tidak terlihat pori-pori. Selain itu pada kulit normal juga cenderung tidak ditemukan masalah kesehatan kulit, seperti jerawat dan komedo. Kulit normal diketahui memiliki keseimbangan antara kadar minyak dan air, serta pasokan darah yang cukup untuk menunjang aktivitas sel pada kulit.

2. Kulit Berminyak
Jenis kulit manusia yang kedua adalah kulit berminyak. Jika melihat dari istilahnya, maka jenis kulit satu ini akan sangat mudah untuk dikenali. Karakteristik utama dari kulit ini adalah permukaan kulit yang terlihat berkilau yang disebabkan kadar minyak berlebih. Oleh karena memiliki kadar minyak yang lebih banyak, maka pada kulit ini akan mudah ditemukan penyakit kulit seperti jerawat. Biasanya kulit ini dapat dimiliki orang-orang yang mengalami stres, efek obat tertentu, dan remaja yang memasuki masa pubertas.

3. Kulit Kering
Jenis kulita ketiga adalah kulit kering. Sesuai dengan namanya maka permukaan kulit satu ini cenderung lebih kering dari jenis lainnya. Hal ini dikarenakan keseimbangan kadar air dan minyak yang tidak terjaga. Selain terlihat kering, permukaan kulit juga terlihat kasar dab berisisik, bahkan tidak jarang menimbulkan rasa gatal. Tampilan kulit akan semakim memburuk ketika berada di lingkungan dengan udara yang kering. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi persoalan kuli kering adalah menggunakan pelembab secara rutin.

4. Kulit Sensitif
Jenis kulit yang ke-4 ini barangkali lebih banyak ditemukan, yaitu Kulit Sensitif. Pada umumnya kulit sensitif akan memiliki warna kemerah-merahan, terasa kering, gatal, bahkan terkadang dirasakan sensasi kulit seperti terbakar. Penyebab kulit sensitif dapat dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah iritasi yang disebabkan oleh produk tertentu. Oleh sebab itu kulit sensitif tidak dapat menggunakan produk kosmetik sembarangan.

5. Kulit Kombinasi
Jenis kulit manusia yang terakhir adalah kulit kombinasi. Sesuai dengan namanya, maka sudah tentu kulit ini memiliki beberapa karakteristika dari kulit lainnya. Umumnya kulit kombinasi memiliki ciri-ciri dagu, hidung, dan dahi yang berminyak, sementara area lainnya terlihat kering. Kemudian pada kulit juga tampak pori-pori yang besar, serta komedo yang menyumbat pori-pori tersebut. Seseorang dapat memiliki kulit kombinasi dikarenakan dua hal, yaitu perubahan iklim dan faktor keturunan.